Tips dan Strategi Memancing untuk Para Pemula

Tips dan trick memancingMemancing merupakan salah satu hobi yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Meskipun banyak juga orang yang tidak suka memancing karena sangat menguji kesabaran. Beberapa hal yang dibutuhkan oleh seorang pemancing adalah persiapan yang lengkap, keahlian dan kesabaran. Tanpa ketiga hal tersebut, sulit sepertinya untuk bisa mendapatkan hasil pancingan yang maksimal. Bagi Anda yang belum pernah mencoba memancing ikan, mungkin Anda perlu mencoba hobi yang satu ini. Barangkali saja nantinya kegiatan ini bisa menjadi hobi baru Anda yang bisa dilakukan setiap akhir pekan atau setiap ada waktu libur. Lalu bagi seorang pemula, apakah memancing itu sulit? Hal apa saja yang harus disiapkan?

Supaya Anda tidak bingung, coba ikuti beberapa tips berikut ini. Hal pertama yang perlu Anda pertimbangkan adalah tempat memancingnya. Ada pemancing yang lebih gemar memancing di empang, ada juga yang merasa tertantang dan lebih suka memancing di laut lepas. Bagi pemula mungkin Anda lebih disarankan untuk mencoba memancing di empang terlebih dahulu. Memancing di empang atau katakan saja freshwater, Anda disarankan untuk menggunakan rod yang panjangnya berkisar antara 170 cm–190 cm. Jangan lupa untuk memilih rod yang kriterianya lentur dan berbahan carbon. Selain itu supaya handle-nya terasa nyaman, carilah handle rod yang ukurannya sekitar 30-40 cm.

Rod Fishing

Mengapa harus menggunakan handle rod sepanjang itu? Tujuannya adalah supaya tangan Anda tidak akan merasa terlalu pegal saat melawan ikan yang terpancing nantinya. Handle tersebut nantinya juga bisa Anda jepit di ketiak Anda. Namun sebenarnya yang paling penting adalah pilihlah yang sesuai dengan kantong Anda. Patokan barusan hanyalah saran dan tidak wajib untuk Anda ikuti. Lalu bagaimana dengan reel-nya? Reel yang digunakan untuk memancing di empang atau freshwater biasanya menggunakan spinning kelas 2500. Sedangkan untuk line-nya Anda bisa menggunakan monofilament yang ukurannya 14 lbs atau PE1. Jika Anda belum paham Anda bisa tanyakan lebih lanjut kepada penjual perlengkapan memancing atau orang yang lebih ahli.

Akan tetapi jika hobi Anda hanya memancing di freshwater saja, sebaiknya Anda membeli baitcasting set saja. Pasalnya jika Anda sudah terbiasa menggunakan spinning, biasanya agak sulit kalau harus pindah ke baitcasting. Sedangkan untuk memancing di laut persiapannya agak sedikit lebih rumit, karena memancing di laut dibagi menjadi dua kelas. Pertama adalah kelas ringan, syaratnya rod panjang 170 cm/180 cm action medium 12-20 lbs, reel ukuran 4000-6000 atau ukuran 2500-3000 untuk lokasi yang dangkal, dan line monofilament atau PE 2-3. Untuk kelas berat peralatan yang Anda butuhkan juga lebih berat.

Memancing di laut dengan kelas berat biasanya dilakukan di laut lepas. Rod yang digunakan oleh para pemancing biasanya adalah PE 2-4 atau PE 5-8. Untuk panjangnya tidak ada ketentuan khusus dan Anda bisa menyesuaikan dengan kriteria masing-masing. Reel yang bisa Anda pilih untuk memancing di lautan lepas adalah ukuran 6000-8000. Bahkan jika lautnya dalam, Anda juga bisa menggunakan reel berukuran 12000. Pasalnya line yang dimuat tentu agak besar dan cukup panjang. Bagaimana? Sudah siap untuk mencoba pengalaman pertama memancing di freshwater atau di laut? Yang jelas tips barusan hanyalah berupa saran, dan bukan keharusan. Jadi Anda bisa menyiapkan peralatan pancing Anda sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat dan selamat memancing.

This entry was posted in Fishing. Bookmark the permalink.

Comments are closed.